Makalah Auditing Bukti Audit



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Bukti audit sangat besar pengaruhnya terhadap kesimpulan yang ditarik oleh auditor dalam rangka memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diauditnya. Oleh karena itu auditor harus mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang cukup dan kompeten agar kesimpulan yang diambilnya tidak menyesatkan bagi pihak pemakai dan juga untuk menghindar dari tuntutan pihak – pihak yang berkepentingan di kemudian hari apabila pendapat yang diberikannya tidak pantas. Tipe bukti audit berupa dokumentasi (bukti dokumenter) juga penting bagi auditor.
Namun, dokumentasi pendukung yang dibuat dan hanya digunakan dalam organisasi klien merupakan bukti audit yang kualitasnya lebih rendah karena tidak adanya pengecekan dari pihak luar yang bebas. Dalam makalah ini berbagai tipe bukti audit yang dikumpulkan oleh auditor selama auditnya dan berbagai faktor yang harus diperhatikan oleh auditor dalam pengumpulan bukti audit. Makalah ini diakhiri dengan pembahasan berbagai pengambilan keputusan yang harus dilakukan oleh auditor dalam proses pengumpulan bukti audit.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi permasalahannya, yaitu:
1.      Apa hakekat bukti audit?
2.      Bagaimana keputusan bahan bukti audit?
3.      Bagaimana keandalan bahan bukti yang menyimpulkan?
4.      Apa sajakah tujuan bukti audit?
5.      Apa sajakah jenis-jenis bahan bukti audit?



C.    Tujuan Masalah
Adapun penulis dalam pembuatan makalah tentang Bukti Audit ini, yaitu:
1.      Mengetahui hakekat bukti audit?
2.      Mengetahui keputusan bahan bukti audit?
3.      Mengetahuikeandalan bahan bukti yang menyimpulkan?
4.      Mengetahuitujuan bukti audit?
5.      Mengetahuijenis-jenis bahan bukti audit?

















BAB II
PEMBAHASAN

BUKTI AUDIT
A.    Hakekat Bukti Audit
Keputusan utama yang harus ditetapkan oleh auditor adalah menyangkut banyaknya bukti pendukung yang memadai untuk dikumpulkan, agar auditor merasa yakin bahwasannya unsur-unsur laporan keuangan dan semua laporan lainnya dari klien dibuat sewajarnya. Pertimbangan ini penting karena tingginya biaya pemeriksaan dan penilaian seluruh bukti yang tersedia.[1]
Sebagai dasar menyatakan pendapat atas laporan keuangan auditan, auditor mengumpulkan bukti audit. Meskipun secara akuntansi menyediakan bukti audit yang cukup untuk mendukung pendapat auditor, namun catatan tersebut bukan merupakan satu-satunya bukti audit yang dikumpulkan oleh auditor. Bahwasannya auditor juga mengumpulkan bukti audit dengan melakukan pengmatan langsung terhadap penghitungan fisik sediaan, mengjukan permintaan keterangan dan mendapatkan bukti dari berbagai sumber dari luar perusahaan klien.[2]
Adapun pengertian dari bukti audit adalah segala informasi yang mendukung angka-angka atau informasi lain yang disajikan dalam laporan keuangan, yang dapat digunakan oleh auditor sebagai dasar yang layak untuk menyatakan pendapatnya. Bukti audit yang mendukung laporan keuangan terdiri dari data akuntansi dan semua informasi penguat (corroborating information) yang tersedia bagi auditor.[3]

B.     Keputusan Bahan Bukti Audit
Keputusan auditor mengenai bukti pendukung audit dapat dipisahkan menjadi empat golongan, yaitu sebagai berikut;[4]
1.      Prosedur audit mana yang akan digunakan.
2.      Jumlah sampel yang akan dipilih untuk suatu prosedur tertentu.
3.      Item (transaksi) mana yang akan dipilih dari keseluruhan data/populasi.
4.      Kapan prosedur-prosedur itu akan dilaksanakan.
Prosedur audit. Prosedur audit adalah petunjuk terinci mengenai pengumpulan jenis bukti audit tertentu yang harus diperoleh pada suatu saat selama proses audit. Contoh, bukti seperti penghitungan fisik pesediaan, perbandingan antara cek-cek yang telah diuangkan dengan pengeluaran kas, ayat-ayat jurnal dan perincian dikumen pengiriman yang semuanya dikumpulkan dengan menggunakan prosedur audit.Dalam merancang prosedur audit, biasanya perlu perumusan dengan menggunakan istilah-istilah yang cukup jelas agar prosedur tersebut dapat digunakan sebagai petunjuk dalam pelaksanaan audit.
Ukuran sampel. Setelah prosedur audit dipilih, adalah mungkin bagi auditor untuk mengubah ukuran sampel dari satu sampai seluruh bagian populasi yang sedang diuji. Dalam prosedur audit, misalkan terdapat 6.000 cek yang tercatat dalam jurnal pengeluaran kas. Auditor dapat memilih ukuran sampel sebanyak 200 untuk dibandingkan dengan jurnal pengeluaran kas. Kemudian, auditor harus membuat keputusan tentang berapa banyak item yang harus diuji untuk setiap prosedur audit. Adapun ukuran sampel untuk suatu prosedur dapat berubah-ubah dari satu audit ke audit lainnya.
Item-item yang dipilih. Sesudah ukursn sampel ditentukan untuk suatu prosedur audit tertentu, maka masih perlu diputuskan item-item tertentu yang harus diperiksa. Misalnya, jika auditor memilih 200 cek yang dibatalkan dari populasi 6.600 sebagai perbandingan dengan jurnal pengeluaran kas, berbagai metode yang berbeda dapat digunakan untuk memilih cek-cek tertentu yang akan diperiksa. Auditor dapat (1) memilih satu minggu dan memilih 200 cek pertama; (2) memilih 200 cek dengan jumlah yang terbesar; (3) memilih cek-cek secara acak; atau (4) memilih cek-cek yang menurut pendapat auditor mengandung kekeliruan. Atau menggunakan kombinas dari metode-metode yang sudah dijelaskan di atas.
Pengaturan waktu (timing). Audit laporan keuangan biasanya meliputi jangka waktu misalnya satu tahun, dan audit tersebut biasanya akan diselesaikan sampai lewat beberapa minggu atau beberapa bulan setelah akhit periode. Pengaturan waktu peosedur audit dapat berkisar dari awal periode akuntan yang panjang sampai periode itu berakhir. Dalam mengaudit laporan keuangan, biasanya klien menginginkan agar audit diselesaikan satu samapai tiga bulan setelah akhir tahun.
Program audit. Uraian terperinci mengenai hasil-hasil dari keempat golongan keputusan dengan bukti audit tertentu disebut program audit. Program audit selalu memuat daftar prosedut audit. Biasanya dinyatakan juga ukuran sampel, item-item tertentu yang dipilih dan pengaturan waktu pengujian. Lazimnya, terdapat bagian program audit untuk setiap komponen audit. Oelh sebab itu, akan terdapat bagian program audit untuk piutang usaha, untuk penjualan dan lainnya.

C.    Keadaan Bukti Audit yang Menyimpulkan
Standar ketiga kerja lapangan mensyaratkan bahwa auditor harus menumpulkan bukti yang kompeten untuk mendukung pendapat yang dikeluarkan. Karena hakikatnya bukti audit dan pertimbangan biaya pelaksanaan audit itu sendiri, yidak memungkinkan bagi auditor untuk yakin seratus persen bahwa pendapat yang dikeluarkannya adalah benar. Namun, seorang auditor harus memiliki pendirian bahwasannya pendapatnya adalah benar tanpa ada keragu-raguan sedikit pun. Dengan menggabungkan seluruh bukti audit secara keseluruhan, auditor dapat memutuskan untuk mengeluarkan laporan audit juka sudah tidak ada lagi keraguan dipihaknya.[5]
            Ada tiga faktor penentu dari bukti yang meyakinkan adalah kompetensi, kecukupan dan ketepatan waktu. Perhatikan bahwa faktor yang disebutkan terdahulu diambil langsung dari standar ketiga kerja lapangan.[6]
1.      Kompetensi
Kompetensi merupakan tingkatan samapai di mana suatu bukti dianggap kompeten sekali. Bukti tersebut akan banyak membantu auditor dalam menyakinkan bahwasannya laporan keuangan disajikan dengan wajar. Sebagai contoh, jika seorang auditor menghitung persediaan, maka bukti yang ditemukannya akan lebih kompeten daripada jika memejemen memberikan auditor angka-angkanya sendiri. Kebanyakan auditor menggunakan istilah dapat dipercayakan bukti sebagai sinonim dari kompetensi.
Kompetensi bukti hanya menyangkut prosedur-prosedur audit yang dipilih. Kompetensi tidak dapat ditingkatkan dengan memilih sampel yang lebih besar atau pemilihan item (transaksi) lain dari populasi. Kompetensi hanya dapat ditingkatkan dengan memiliki prosedur audit yang bermutu tinggi dari salah satu atau lebih dari keenam ciri-ciri bukti yang kompeten, yaitu;
a.       Relevansi
Bukti harus berhubungan atau relevan denga tujuan yang sedang diuji oleh auditor sebelum dapat dianggap meyakinkan. Misalnya, anggaplah auditor menduga bahwa seorang klien tidak menagih pelanggan atas pengiriman barang (tujuan kelengkapan). Jika auditor memilih sampel salinan fuktur penjualan dan menelusuri masing-masing faktur ke dokumen pengiriman yang bersangkutan, maka bukti yang diperoleh tidak akan relevan dengan tujuan kelngkapan. Prosedur yang relevan seharusnya membandingkan sampel dikumen pengiriman dengan salinan faktur penjualan yang bersangkutan untuk menetapkan bahwa masing-masing pengiriman telah ditagih.
b.      Independensi pemberi bukti
Bukti yang diperoleh dari sumber di luar perusahaan adalah lebih dapat dipercaya daripada yang didapat dari perusahaan. Sebagai contoh, bukti eksternal seperti yang diperoleh dari bank, pengacara, atau pelanggan biasanya dapat lebih dipercaya daripada jawaban yang diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan terhadap klien dan dari dokumen yang bukan organisasi klien.
c.       Keefektifan struktur pengendalian internal klien
Apabila struktur pengendalian internal klien efektif, bukti yang didapat dari klien akan lebih dapat dipercaya daripada jika pengendalian internalnya lemah. Sebagai contoh, jika pengendalian internal terhadap penjualan dan penagihan efektif, auditor dapat memperoleh bukti yang kompeten dari faktir penjualan dan dikumentasi pengiriman daropada jika pengendaliannya tidak memadai,
d.      Penegtahuan langsung dari auditor
Bukti yang didapat secara langsung oleh auditor melalui pemeriksaan fisik, observasi, penghitungan dan pengawasan adalah lebih kompeten dari marjin kotor sebagai persentase penjualan dan membandingkannya dengan periode-periode sebelumnya., bukti yang ditemukannya akan lebih dapat dipercaya daripada jika auditor percaya pada perhitungan yang dibuat oleh kontroler.
e.       Kualifikasi orang-orang yang memberikan informasi
Meskipun sumber informasi adalah independen, bukti tidak akan dapat dipercaya kecuali jika orang yang memberikannya benar-benar mematuhi persyaratan untuk itu. Karena itu, konfirmasi pengacara dan bank lebih dihargai daripada konfirmasi piutang usaha yang berasal dari orang-orang yang tidak akan dapat dipercaya jika dia tidak berpengalaman dalam dunia usaha. Selain itu juga, bukti yang didapatkan langsung oleh auditor tidak akan dapat dipercaya jika auditor tidak memenuhi persyaratan untuk mengevaluasi bukti itu. Misalnya, pemeriksaan penyediaan berupa berlian oleh seorang auditor yang tidak dididik untuk membedakan antara berlian dan kaca biasa, maka tidak akan menghasilkan bukti yang dapat dipercaya mengenai keberadaan berlian tersebut.
f.       Tingkat obyektivitas
Bukti yang obyektif akan lebih dapat diandalkan daropada bukti yang banyak membutuhkan pertimbangan untuk memutuskan apakah bukti itu benar. Contoh bukti yang obyektif adalah konfirmasi mengenai piutang usaha dan saldo bank, usaha untuk mencek apakah jumlahnya sama dengansaldo dalam buku besar.
2.      Kecukupan bukti
Kuantitas bukti yang diperoleh akan menentukan apakah bukti itu cukup. Karena itu, ukuran sampel yang dipilih oleh auditor adalah penting dalam menentukan kecukupan bukti. Untuk prosedur audit tertentu, bukti yang diperoleh dari sampel sebanyak dua ratus umumnya akan lebih memadai daripada sampel sebanyak seratus.
Disamping ukuran sampel, transaksi (item) tertentu yang diuji akan mempengaruhi kecukupan bukti. Sampel yang terdiri dari transaksi (item) dengan jumlah rupiah yang besar, dengan kemungkinan kekeliruan yang tinggi, dan item yang mewakili keseluruhan data biasanya dianggap cukup. Dilain pihak, kebanyakan auditor menganggap bahwa sampel yang hanya terdiri dari transaksi (item) dengan jumlah rupiaah terbanayk dari populasi adalah tidak cukup.
3.      Ketepatan waktu
Ketepatan waktu dari bukti audit dapat menyangkut saat dicakup oleh audit. Biasanya bukti audit untuk perkiraan neraca akan lebih meyakinkan apabila bukti itu didapat sedekat mungkin dengan tanggal neraca. Contohnya, penghitungan auditor atas surat-surat berharga yang dapat dipasarkan pada tanggal neraca akan lebih meyakinkan daripada penghitungan dua bulan sebelumnya. Kemudian, untuk perkiraan perhitungan rugi-laba, bukti akan lebih menyakinkan jika ada sampel dari seluruh periode yang dicakupaudit daripada hanya sebagian periode. Misalnya, suatu sampel acak dari transaksi penjualan untuk keseluruhan tahun akan lebih meyakinkan daripada sampel dari hanya enam bulan pertama.
4.      Hasil gabungan
Masalah menyakinkan bukti hanya dapat dievaluasi setelah mempertimbangkan gabungan dari kompetensi, kecukupan dan ketepatan waktu. Sempel dari bukti yang sangat kompeten tidak meyakinkan kecuali jika bukti itu juga tepat waktu. Demikian juga, sampel yang besar dari bukti yang tidak dapat dipercaya adalah tidak meyakinkan.
5.      Masalah biaya dan meyakinkan bukti
Pengambilan keputusan mengenai bukti untuk audit tertentu, baik biaya dan masalah meyakinkannya bukti harus dipertimbangkan. Jarang terjadi bahwa hanya ada satu macam bukti untuk pengujian informasi. Biaya dan meyakinkannya bukti dari semua alternatif yang ada harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis-jenis bukti yang terbaik. Tujuan auditor adalah untuk mendapatkan bukti yang tepat waktu dan dapat dipercaya dalam jumlah yang cukup, yang dapat diterapkan pada informasi yang sedang diuji dan melaksanakannya dengan biaya total yang serendah mungkin.

D.    Tujuan Bukti Audit
Tujuan umum audit atas laporan keuangan adalah untuk meyatakan pendapat apakah laporan keuangan klien disajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum di Indonesia. Sebab, kewajaran laporan keuangan sangatlah ditentukan integritas berbagai asersi manajmen yang terkandung dalam laporan keuangan, maka hubungan antara asersi manajemen dengan tujuan umum audit dapat digambarkan pada bagan dibawah ini;[7]

Asersi Mnaajemen
Tujuan Umum Audit
Keberadaaan atau keterjadian
Aktiva dan kewajiban entitas ada pada tanggal tertentu dan transaksi pendapatan serta biaya terjadi dalam periode tertentu.
Kelengkaoan
Semua transaksi dan akun yang seharusnya telah disajikan dalam laporaan keuangan.
Hak dan kewajiban
Aktiva adalah hak entitas dan utang adalah kewajiban entitas pada tanggal tertentu.
Penilaian dan alokasi
Komponen aktiva, kewajiban, pendapatan dan biaya telah disajikan dalam laporan keuangan pada jumlah yang semestinya.
Penyajian dan pengungkapan
Komponen tertentu laporan keuangan telah digolongkan, digambarkan dan ditungkan secara semestinya.

E.     Jenis-jenis Bahan Baku Audit
Dalam memutuskan prosedur audit aman yang akan digunakan, ada tujuh kategori umum bukti audit yang dapat dipilih oleh auditor. Kategori ini yang disebut juga jenis, yaitu sebagai berikut;[8]
1.      Pemeriksaan fisik
Pemeriksaan fisik adalah pemeriksaan atau perhitungan oleh dihubungkan dengan persediaan dan kas, tetapi dapat juga ditetapkan dalam verifikasi surat-surat berharga, wesel tagihan dan aktifa tetap berwujud. Pemeriksaan fisik yang merupakan cara langsung untuk menguji apakh aktiva memang benar-benar ada, biasanya dipandang sebagai salah satu jenis bukti audit yang paling dapat dipercaya dan berguna. Umumnya, pemeriksaan fisik merupakan cara obyektif untuk mengecek kuantitas maupun keterangan ,engenai aktiva. Dalam beberapa kasus, pemeriksaan fisik juga merupakan metode yang bermanfaat untuk mengevaluasi kondisi atau kualitas aktiva. Akan tetapi, pemeriksaan fisik bukan merupakan bukti yang cukup untuk menguji bahwa aktiva yang benar-benar dimiliki oleh kalien, dan dalam banyak kasus auditor tidak mampu meniali faktor-faktor kualitatif, seperti masalah keusangan atau keaslian. Penilaian yang wajar untuk tujuan laporan kuangan biasanya juga tidak dapat ditetapkan dengan pemerikasan fisik.
2.      Konfirmasi
Konfirmasi adalah penerimaan jawaban tertulis dari pihak ketiga yang independen, yang menguji ketetapan informasi yang diminta auditor. Karena konfirmasi datang dari sumber yang independen dan klien, konfirmasi ini sayang dihargai dan merupakan jenis bukti yang seringkali digunakan. Namun, konfirmasi akan menelan biaya dan dapat menyulitkan/mengganggu bagi orang yang diminta untuk memberikannya. Karena itu, konfirmasi tidak selalu digunakan dalam setiap kesempatan meskipun dapat dilakukan.
3.      Dokumentasi
Dokumentasi atau yang sering disebut vouching adalah pemeriksaan auditor atas dokumen-dokumen dan catatan-catatan klien untuk melengkapi/membuktikan informasi yang dicantumkan atau harus dicantumkan dalam laporan keuangan. Dokumen yang diperiksa oleh auditor adalah catatan yang digunakan klien untuk mengumpulkan informasi dalam pengelolaan usahanya secara terorganisir. Karena setiap transaksi dalam perusahaan, klien biasanya didukung oleh paling sedikit satu dokumen dan akan ada banyak jenis bukti semacam ini yang tersedia.
4.      Observasi
Observasi adalah penggunaan indera untuk menilai kegiatan-kegiatan tertentu. Selama proses audit berjalan terdapat banyak kesempatan untuk menggunakan penglihatan, pendengaran, perasaan dan penciuman untuk menilai berbagai macam hal.
5.      Pertanyaan terhadap klien
Pertanyaan adalah usaha untuk memperoleh informasi tertulis atau lisan dari klien sebagai jawaban atas pertanyaan auditor. Meskipun banyak bukti diperoleh dari klien melalui pertanyaan, namun bukti tersebut biasanya tidak dapat dianggap meyakinkan karena sumbernya tidak independen dan dapat besifat berat sebelah, yaitu menguntungkan klien.
6.      Ketepatan mekanis
Pengujian ketepatan mekanis menyangkut penelitian kembali terhadap sampel perhitungan dan pemindahan informasi yang dibuat oleh klien selama periode yang diaudit. Penelitian mencakup prosedur seperti pengalihan kembali faktur penjuaan dan penjualan, penjumlahan angka-angka jurnal dan buku tambahan serta penegcekan kalkulasi beban penyusutan dan beban yang dibayar di muka.
7.      Prosedur analitis
Prosedur analitis menggunakan berbagai perbandingan dan hubungan untuk menentukan apakah saldo-saldo perkiraan tampak wajar. Perhitungan auditor sendiri umumnya merupkan informasi yang dipakai untuk prosedur analitis, prosedur analitis harus dilaksanakan pada tahap awal audit untuk membantu memutuskan perkiraan-perkiraan mana yang tidak membutuhkan verifikasi lanjut, di mana bukti lain dapat dikurangi dan bidang audit mana yang harus diselidiki lebih teliti.




























           
BAB II
KESIMPULAN


Bukti audit adalah segala informasi yang mendukung angka-angka atau informasi lain yang disajikan dalam laporan keuangan, yang dapat digunakan oleh auditor sebagai dasar yang layak untuk menyatakan pendapatnya.Kemudian, Keputusan auditor mengenai bukti pendukung audit dapat dipisahkan menjadi empat golongan, yaitu; (1) Prosedur audit mana yang akan digunakan; (2) Jumlah sampel yang akan dipilih untuk suatu prosedur tertentu; (3) Item (transaksi) mana yang akan dipilih dari keseluruhan data/populasi; dan (4) Kapan prosedur-prosedur itu akan dilaksanakan.
Ada tiga faktor penentu dari bukti yang meyakinkan adalah kompetensi, kecukupan dan ketepatan waktu. Perhatikan bahwa faktor yang disebutkan terdahulu diambil langsung dari standar ketiga kerja lapangan, yaitu hasil gabungan serta masalah biaya dan meyakinkannya bukti.
Tujuan umum audit atas laporan keuangan adalah untuk meyatakan pendapat apakah laporan keuangan klien disajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum di Indonesia. Kemudian, dalam memutuskan prosedur audit aman yang akan digunakan, ada tujuh kategori umum bukti audit yang dapat dipilih oleh auditor, yaitu; pemeriksaan fisik, konfirmasi, dokumentasi, observasi, pertanyaan terhadap klien, ketepaan mekanis dan prosedur analitis.









DAFTAR PUSTAKA


Alvin A. Arens, James K. Loebbecke.Auditing Suatu Pendekatan Terpadu. Jakarta: ERLANGGA. 1995.
Mulyadi.Auditing. Jakarta: Salemba Empat. 2002.



[1] Alvin A. Arens, James K. Loebbecke, Auditing Suatu Pendekatan Terpadu, (Jakarta: ERLANGGA, 1995), h. 180.
[2]Mulyadi, Auditing, (Jakarta: Salemba Empat, 2002), h. 71.
[3]Ibid., h. 74.
[4]Alvin A. Arens, James K. Loebbecke, Auditing Suatu..., h. 180.
[5]Alvin A. Arens, James K. Loebbecke, Auditing Suatu..., h. 182.
[6]Ibid., h. 182-185.
[7]Mulyadi, Auditing..., h. 73-74.
[8]Alvin A. Arens, James K. Loebbecke, Auditing Suatu..., h. 185-189.

0 comments:

Post a Comment

Video Of Day